11 Dec 2017
MEDIATOR / ADJUDIKATOR / ARBITER
TENTANG BAPMI | PENDAPAT MENGIKAT | MEDIASI | ADJUDIKASI | ARBITRASE | MEDIATOR/ADJUDIKATOR/ARBITER | PERATURAN ACARA | KEGIATAN
Seleksi
Persyaratan
Pedoman Benturan Kepentingan
Daftar Mediator
Daftar Adjudikator
Daftar Arbiter
Kode Etik
Sidang Etik

 

FAQ
Berita
Artikel
Referensi
Glosarium
Simulasi Biaya
Biaya-biaya Arbitrase
Biaya-biaya Mediasi

 

Seleksi

Di dalam Arbitrase BAPMI dikenal 2 jenis Arbiter, yakni Arbiter tetap (Arbiter Tetap BAPMI) dan Arbiter tidak tetap (Arbiter Ad Hoc).

Arbiter Tetap BAPMI diseleksi dan diangkat oleh Pengurus BAPMI berdasarkan integritas dan kompetensi di bidang pasar modal menurut latar belakang keahliannya masing-masing (sebagian berlatar belakang praktisi pasar modal, ahli hukum, akuntan dan akademisi) serta memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh BAPMI. Sampai dengan saat ini telah terdapat 19 orang yang tercatat sebagai Arbiter Tetap BAPMI yang sebagian besar diangkat sejak tahun 2003. Sedangkan Arbiter Ad Hoc diangkat oleh Pengurus sesuai dengan kebutuhan saja, namun sampai dengan saat ini belum pernah ada Arbiter Ad Hoc dalam perkara-perkara BAPMI.

Di dalam Mediasi BAPMI, tidak dikenal Mediator Ad Hoc, tetapi orang-orang yang boleh ditunjuk sebagai Mediator dalam Mediasi BAPMI haruslah orang-orang yang telah diangkat sebagai Mediator Tetap BAPMI. Mereka juga diangkat oleh Pengurus dengan persyaratan-persyaratan yang diatur dalam Peraturan BAPMI tentang Peraturan Acara Mediasi. Dalam hal khusus, Pengurus dapat menunjuk co-Mediator. Para Arbiter Tetap BAPMI yang berjumlah 19 orang sebagaimana dimaksud di atas memiliki status rangkap sekaligus sebagai Mediator Tetap BAPMI. Namun dalam Peraturan BAPMI tentang Peraturan Acara Mediasi yang baru, dipersyaratkan kepada mereka untuk memiliki sertifikat Mediator dari lembaga pendidikan & pelatihan Mediasi yang diakreditasi oleh Mahkamah Agung R.I. dalam jangka waktu paling lama 24 bulan terhitung sejak tanggal 17 Desember 2014 (tanggal mulai diberlakukannya Peraturan BAPMI tentang Peraturan Acara Mediasi yang baru). Apabila tidak dipenuhi, maka statusnya sebagai Mediator Tetap BAPMI akan dicabut sehingga hanya memiliki status sebagai Arbiter Tetap BAPMI saja.

Di dalam Adjudikasi BAPMI, juga tidak dikenal Adjudikator Ad Hoc, tetapi orang-orang yang boleh ditunjuk sebagai Adjudikator dalam Adjudikasi BAPMI haruslah orang-orang yang telah diangkat sebagai Adjudikator Tetap BAPMI. Mereka juga diangkat oleh Pengurus dengan persyaratan-persyaratan yang diatur dalam Peraturan BAPMI tentang Peraturan Acara Adjudikasi. Layanan Adjudikasi merupakan layanan BAPMI yang baru, dan saat ini BAPMI sedang mempersiapkan proses seleksi calon Adjudikator BAPMI.

Tautan | Perjanjian Pengguna | Komentar anda | Beritahukan Teman
Copyright © 2006 - Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia - All Rights Reserved