18 Oct 2017
ADJUDIKASI
TENTANG BAPMI | PENDAPAT MENGIKAT | MEDIASI | ADJUDIKASI | ARBITRASE | MEDIATOR/ADJUDIKATOR/ARBITER | PERATURAN ACARA | KEGIATAN
Pendahuluan
Pendaftaran
Perjanjian Adjudikasi
Penunjukan Adjudikator
Pemeriksaan
Putusan
Pelaksanaan
Biaya
Alur Proses

 

FAQ
Berita
Artikel
Referensi
Glosarium
Simulasi Biaya
Biaya-biaya Arbitrase
Biaya-biaya Mediasi

 

Perjanjian Adjudikasi

Syarat terpenting untuk dapat mengajukan permohonan penyelesaian sengketa kepada Adjudikasi BAPMI adalah adanya terlebih dahulu suatu Perjanjian Adjudikasi antara para pihak yang bersengketa. Tanpa adanya Perjanjian Adjudikasi maka persengketaan tidak dapat diajukan kepada BAPMI. Yang dimaksud dengan Perjanjian Adjudikasi adalah kesepakatan tertulis para pihak bahwa persengketaan di antara para pihak akan diselesaikan melalui Adjudikasi BAPMI. Perjanjian Arbitrase dapat dituangkan ke dalam bentuk:

  1. salah satu pasal di dalam perjanjian (Klausula Adjudikasi); atau
  2. perjanjian tersendiri yang dibuat para pihak setelah timbul sengketa.

Model Perjanjian Adjudikasi BAPMI adalah sebagai berikut:

Perjanjian ini dibuat antara:

[nama dan alamat Konsumen Jasa Keuangan (Pihak Pertama)]

[nama dan alamat Penyedia Jasa Keuangan (Pihak Kedua)]

MENIMBANG:

(a) Bahwa Pihak Pertama dan Pihak Kedua (selanjutnya disebut "Para Pihak") mempunyai persengketaan di antara Para Pihak di bidang pasar modal, (selanjutnya disebut "Sengketa") sebagai berikut:
- ……;
- ……;
- …….

(b) Bahwa Para Pihak telah menempuh upaya perdamaian melalui musyawarah dan mediasi namun tidak mencapai kesepakatan perdamaian.

(c) Bahwa Para Pihak telah setuju untuk menggunakan layanan Adjudikasi yang disediakan oleh BAPMI untuk menyelesaikan sengketa dimaksud di atas.

PARA PIHAK MENYETUJUI HAL-HAL SEBAGAI BERIKUT:

Pasal 1
Pendaftaran
(1) Para Pihak setuju untuk menyelesaikan Sengketa kepada Adjudikasi BAPMI, dan sepakat bahwa pihak pertama yang akan mengajukan Permohonan Adjudikasi kepada BAPMI.
(2) Para Pihak setuju untuk tunduk dan mentaati Putusan Adjudikasi yang nanti diputuskan oleh Panel melalui proses Adjudikasi.

Pasal 2
Peraturan dan Acara Adjudikasi Para Pihak setuju untuk tunduk sepenuhnya dengan Peraturan Dan Acara Adjudikasi BAPMI yang dilampirkan bersama Perjanjian ini, dan Para Pihak menjamin bahwa setiap pihak yang menjadi perwakilan, agen, dan kuasanya juga ikut tunduk pada Perjanjian Adjudikasi maupun Peraturan Dan Acara tersebut.

Pasal 3
Persetujuan Keterbukaan

Para Pihak setuju bahwa semua dan/atau sebagian informasi (termasuk informasi Konsumen) dan/atau informasi rahasia yang mungkin diungkapkan dalam proses Adjudikasi adalah harus mengesampingkan kewajiban Pihak Kedua untuk menjaga kerahasiaan sesuai dengan hukum yang berlaku dan/atau perjanjian dengan Konsumen.

Pasal 4
Pengesampingan/Pelepasan Tanggung Jawab
(1) Pihak Pertama dan/atau Pihak Kedua (termasuk perwakilannya) tidak dapat menuntut dengan alasan apapun terhadap BAPMI, Pengurus BAPMI, Pegawai BAPMI atau Adjudikator, termasuk tapi tidak terbatas atas tuntutan dalam hubungan atau berhubungan dengan:
(a) sebagaian atau seluruh jasa yang disediakan oleh BAPMI (atau yang disediakan oleh Pengurus, Pegawai, atau perwakilannya);
(b) setiap proses Ajdudikasi yang dilakukan oleh BAPMI;
(c) sengketa yang diajukan oleh Pihak Pertama;
(d) tuntutan yang diajukan oleh Pihak Pertama;
(e) setiap penyelesaian sengketa yang tercapai antara Para Pihak (atau perwakilan mereka);
(f) setiap penyelesaian sengketa yang dilaksanakan oleh Pihak Pertama dan Pihak Kedua (termasuk atau perwakilan mereka);
(g) setiap perbuatan yang dilakukan agar berkesesuaian dengan hukum, peraturan atau persyaratan administratif yang diberlakukan oleh Regulator Pasar Modal atau badan pemerintah lainnya; dan/atau
(h) setiap perbuatan yang dilakukan untuk memenuhi persyaratan hukum, peraturan atau perintah pengadilan.
(2) Para Pihak menyatakan dan setuju bahwa setiap tuntutan terhadap BAPMI (termasuk Adjudikator, Pengurus, Sekretaris dan personil BAPMI lainnya) yang dibuat dengan melanggar ayat (1) ini adalah merupakan suatu kerugian yang besar dan nyata bagi BAPMI. Oleh karena itu Para Pihak memberikan hak kepada BAPMI untuk melakukan upaya hukum atas tuntutan tersebut, dan juga berhak untuk menuntut kepada Para Pihak atas ganti rugi secara penuh biaya hukum yang telah BAPMI keluarkan.

Pasal 5
Putusan Adjudikasi
(1) Putusan Adjudikasi akan dilampirkan pada Perjanjian ini segera setelah dibacakan oleh Adjudikator, dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Perjanjian ini.
(2) Pihak Kedua menyatakan tunduk dan patuh terhadap Putusan Adjudikasi.
(3) Pihak Kedua setuju bahwa, sesuai juga dengan Peraturan Dan Acara Adjudikasi BAPMI, Pihak Pertama memiliki opsi untuk menerima atau menolak Putusan Adjudikasi.
(4) Dalam hal Pihak Pertama menerima Putusan Adjudikasi, maka Pihak Pertama menyatakannya dengan membubuhkan tandatangan persetujuan pada lembar Putusan Adjudikasi, dan dengan demikian pula Putusan Adjudikasi menjadi berkekuatan hukum final dan mengikat bagi Para Pihak.
(5) Dalam hal Pihak Pertama menolak Putusan Adjudikasi, maka dengan demikian Putusan Adjudikasi dianggap tidak pernah ada dan menjadi tidak mempunyai akibat hukum apapun bagi Para Pihak.

DEMIKIAN Perjanjian ini dibuat di Jakarta, pada tanggal ......., dalam 2 (dua) rangkap masing-masing asli dan sama bunyinya serta mempunyai kekuatan hukum yang sama.

Tanggal dan Tandatangan:
Pihak Pertama

Pihak Kedua

Tautan | Perjanjian Pengguna | Komentar anda | Beritahukan Teman
Copyright © 2006 - Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia - All Rights Reserved