19 Apr 2018
Berita
ABOUT BAPMI | BINDING OPINION | MEDIATION | ADJUDICATION | ARBITRATION | MEDIATOR/ADJUDICATOR/ARBITRATOR | RULES | EVENTS
FAQ
News
Articles
References
Glosarium
Cost Simulation

 

Berita

Jakarta, Investor Indonesia, 20 Agustus 2003.

Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) bersama-sama pelaku pasar akan lebih mensosialisasikan peran Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia (BAPMI). Salah satu cara yang ditempuh yakni mengimbau seluruh pelaku pasar, melalui asosiasi-asosiasinya, termasuk bursa, untuk memasukkan klausul penyelesaian sengketa (dispute) antar pihak melalui BAPMI dalam perjanjian mereka.

Langkah itu agar lembaga yang didirikan atas inisiatif bersama ini dapat dimaanfaatkan optimal oleh seluruh pelaku pasar. Bapepam sendiri juga akan menggunakan BAPMI dalam perjanjian dua belah pihaknya, seperti saat penerbitan emisi. "Jika ada kasus, maka Bapepam akan menyelesaikan dengan BAPMI," ujur Ketua Bapepam, Herwidyatmo, saat acara syukuran satu tahun berdirinya BAPMI di Jakarta, kemarin.

Herwid mengatakan, dalam usia yang masih sangat muda memang perlu waktu bagi BAPMI berjalan optimal. Sama halnya dengan lembaga pasar modal lain yang sejak diaktifkan kembali pasar modal tahun 1977 lalu, baru dapat berjalan baik 11 tahun kemudian. Sehingga menurut Herwid, bukan masalah bila BAPMI belum menerima order penyelesaian perkara pasar modal selama satu tahun ini

Namun Herwid menambahkan belum adanya order yang diterima BAPMI selama satu tahun ini bukan berarti mencerminkan ketiadaan disputeyang timbul. "Mudah-mudahan ini dimengerti semua pihak, saat ini yang terpenting sekarang sosialisasi ke berbagai pelaku untuk untuk memasukan klausula BAPMI dalam perjanjian. Sebab dalam perjanjian-perjanjian yang lama, klausula BAPMI ini belum masuk," jelasnya.

Semua Perjanjian

Klausula BAPMI sendiri akan masuk dalam semua perjanjian-perjanjian antar dua belah pihak yang bersengketa di pasar modal. Seperti perjanjian antara perusahaan efek dengan kliennya, perjanjian emisi efek, atau perjanjian-perjanjian antara manajer investasi dengan kliennya. Semua perselisihan atau sengketa yang terjadi di pasar modal akan di arahkan ke BAPMI, walaupun kedua pihak yang bersengketa tetap menyerahkan kasusnya ke Bapepam. "Bapepam tidak melayani lagi masalah persengketaan atau perselisihan," tegasnya.

Dengan demikian, semua kasus dispute yang masuk ke Bapepam akan dialihkan langsung ke BAPMI. Langkah itu bukan berarti Bapepam menolak pekerjaan, tapi menginginkan permasalahan itu dapat ditangani oleh pihak yang lebih profesional dan independen. "Karena penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh lembaga pemerintah seperti Bapepam, kadang diartikan salah," tandasnya.

Herwid juga menerangkan, pelaku pasar tidak perlu mengkhawatirkan kekuatan hukum dari keputusan yang dikeluarkan BAPMI. Sebab apa pun keputusan BAPMI, Bapepam akan meng-induce atau memperkuat hasil keputusan itu. "Masih banyak waktu untuk mematangkan lembaga ini, seperti mempersiapkan tata cara arbitrasenya sehingga lembaga ini bukan lagi sekedar dibentuk," kata dia lagi. Pia

Kembali ke Index Berita

Links | User Agreement | Your Comment | Tell Friends
Copyright © 2006 - Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia - All Rights Reserved