19 Apr 2018
Berita
ABOUT BAPMI | BINDING OPINION | MEDIATION | ADJUDICATION | ARBITRATION | MEDIATOR/ADJUDICATOR/ARBITRATOR | RULES | EVENTS
FAQ
News
Articles
References
Glosarium
Cost Simulation

 

Berita

Jakarta, Investor Indonesia, 16 Oktober 2003.

Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia (BAPMI) akan terus melakukan upaya untuk proses penyegaran dan aktualisasi diri para arbiter. Pasalnya, pasar telah menuntut arbiter untuk lebih tanggap menyikapi setiap perkembangan di industri pasar modal.

"Untuk itu Bapmi bekerjasama dengan University of South Carolina dan beberapa perguruan tinggi dan Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal) menyelenggarakan video conference course praktik pasar modal dan arbitrase, mulai hari ini (kemarin, red)," kata ketua Bapmi Achmad Zen Umar Purba kepada Investor Indonesia di ruang kerjanya, Rabu (15/10).

Menurut Zen, ide penyelenggaraan workshop ini bermula dari Bapmi untuk program pengembangan sumber daya manusia. Sebelum kemudian menjalin kerjasama dengan University of South Carolina dan beberapa perguruan tinggi negeri seperti Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Madah (UGM), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Airlangga (UNAIR) dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

Zen menambahkan, proses penyegaran kepada para arbiter ini telah berlangsung untuk ke-4 kalinya. Pertama, dilakukan Bapmi bekerjasama dengan Bank Dunia yang membahas mengenai aspek arbitrase secara umum dan penyelesaian sengketa di pasar modal. Kedua, tentang pasar modal syariah dan terakhir terkait dengan surat utang negara. "Yang jelas, proses penyegaran kepada para arbitrase akan terus dilanjutkan, sebagai bekal untuk menyikapi perkembangan di industri pasar modal," ujarnya.

Workshop bertema praktik pasar modal dan arbitrase ini dilakukan serentak di lima kota besar yaitu Jakarta, Medan, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya secara online. Sehingga peserta dapat berinteraksi dengan pembicara para praktisi pasar modal dari Indonesia dan Amerika Serikat.

Tujuan penyelenggaraan workshop ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pasar modal, sekaligus sosialisasi pengetahuan praktis pasar modal terhadap peserta baik di Jakarta dan daerah. Selain juga memberikan pengetahuan praktis dan terkini (up to date) dari praktik pasar modal Indonesia dan New York Stock Exchange (NYSE).

Keikutsertaan 16 arbiter Bapmi yang berasal dari latar belakang profesi di pasar modal dengan pengalaman lebih dari 15 tahun ini, sebagai wujud penyegaran, pemahaman dan aktualisasi diri terhadap perkembangan pasar modal.

Melalui program ini diharapkan keberadaan Bapmi sebagai lembaga penyelesaian sengketa di pasar modal Indonesia dapat lebih tersosialisasi, khususnya dapat dipahami fungsi dan peranannya oleh pelaku pasar modal.

Workshop pasar modal Profesional Executive Education Series ini digelar dalam 10 sesi pertemuan, satu kali dalm seminggu mulai hari ini, Rabu 15 Oktober 2003 hingga 21 Januari 2004. Sementara, untuk peserta, selain arbiter juga para praktisi pasar modal dan akademisi. .art

Kembali ke Index Berita

Links | User Agreement | Your Comment | Tell Friends
Copyright © 2006 - Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia - All Rights Reserved